Rancang Bangun Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Pencarian Rekomendasi Buku dengan Fitur Review dan Penilaian Pengguna
Kata Kunci:
Aplikasi Mobile, Rekomendasi Buku, Penilaian Pengguna.Abstrak
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Pencarian Rekomendasi Buku dengan Fitur Review dan Penilaian Pengguna merupakan sebuah proyek pengembangan aplikasi mobile yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam mencari dan menemukan rekomendasi buku yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur review dan penilaian pengguna, sehingga pengguna dapat melihat ulasan dan penilaian dari pengguna lain sebelum memutuskan untuk membeli atau membaca buku tersebut. Dengan adanya fitur review dan penilaian pengguna, pengguna dapat mendapatkan pandangan yang lebih jelas mengenai kualitas dan kecocokan suatu buku dengan minat mereka sebelum melakukan pembelian atau peminjaman. Pentingnya penelitian ini terletak pada manfaat yang dapat diberikan kepada pengguna dalam memudahkan mereka mencari buku yang tepat. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat menghemat waktu dan usaha dalam mencari buku, serta mendapatkan rekomendasi yang lebih terpersonalisasi. Selain itu, fitur review dan penilaian pengguna juga memberikan kepercayaan dan pemahaman lebih dalam mengenai kualitas dan konten buku yang ingin mereka baca. Dalam tahapan pengembangan aplikasi ini, akan dilakukan analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka pengguna (UI/UX design), implementasi fitur pencarian dan rekomendasi buku, pengembangan fitur review dan penilaian pengguna, serta pengujian dan evaluasi aplikasi. Dengan melakukan tahapan-tahapan ini, diharapkan aplikasi dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik, akurat, dan dapat diandalkan dalam mencari rekomendasi buku.
Referensi
I Gusti Ngurah Satria Wijaya, 2 Made Yudi Arista. (2018). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word di Panti Asuhan Salam. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, I(1), 19–23.
Agung, K. (2008). Logo dan Makna. Kejaksaan RI. https://www.kejaksaan.go.id/pages/logo-dan-maknanya
Agung, K. (2016). Kejaksaan Agung. Kejaksaan RI. https://www.kejaksaan.go.id/pages/visi-misi
Agustina, S., Najib, M., Satria, D., Rahmanto, Y., Penulis, N., Selfia, K. :, & Submitted, A. (2023). Rancang Bangun Sistem One Stop Wedding Service Berbasis Web (Studi Kasus: NR Project). 4(1), 9–14. https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2432
Ahnaf Balhmar, M. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Andi Saputra, Ashari Imamuddin, & Pria Sukamto. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Penjualan Case Study: Pt. X. INFOTECH : Jurnal Informatika & Teknologi, 1(2), 78–86. https://doi.org/10.37373/infotech.v1i2.67
Anggraini, Y., Pasha, D., Damayanti, D., & Setiawan, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.236
ANNET, N., & Naranjo, J. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Aprianto, W. (2020). Optimalisasi KeleOptimalisasi Kelembagaan Petani Salak Pondoh dengan Analisa Rantai Nilaimbagaan Petani Salak Pondoh dengan Analisa Rantai Nilai. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 3(1), 19. https://doi.org/10.33365/tb.v3i1.660
Aprianto, W., & Syaipudin, U. (2022). Contribution of Lampung Coffee Commodity To the Economic Improvement of Lampung Province. Peradaban Journal of Economic and Business, 1(1), 9–16. http://jurnal.peradabanpublishing.com/index.php/PJEB
Asih, V., Saputra, A., & Subagio, R. T. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit, 10(1), 59. https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.156
Aveldo, I. (2021). Cara Menstabilkan Video Di Google Foto. Kompiwin. https://www.kompiwin.com/cara-menstabilkan-video-di-google-foto/
Aziz, A., Riza, A., & Anwar. (2016). Jurnal ekonomi dan bisnis issn 1693-8852. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1).
Bakri, M. (2017). Penerapan Data Mining untuk Clustering Kualitas Batu Bara dalam Proses Pembakaran di PLTU Sebalang Menggunakan Metode K-Means. Jurnal Teknoinfo, 11(1), 6. https://doi.org/10.33365/jti.v11i1.3
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Bin, Y. B., Rozina, A., Junaid, M., Saima, K., Farhan, N., & Maham, T. (2015). A study of unnecessary use of antibiotics at a tertiary care hospital: Urgent need to implement antimicrobial stewardship programs. Journal of Young Pharmacists, 7(4), 311–319. https://doi.org/10.5530/jyp.2015.4.5
Buchari, H., Linirin Widiastuti, E., & Bakri, S. (2022). Analisis Alokasi Ruang Laut Dalam Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Lampung Marine Space Allocation Analysis for Coastal Area and Small Island Zone in Lampung Province. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2021.Vol.6.No.1.186
Damayanti, D., Sulistiani, H., Permatasari, B., Umpu, E., & Widodo, T. (2020). Penerapan Teknologi Tabungan Untuk Siswa Di SD Ar Raudah Bandar Lampung. Jurnal Informatika Dan Komputasi, 1, 25–30. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2585
Dan, P., Provinsi, K., Huzain, I. H., & Putra, A. D. (2023). Pengembangan Radio Gema Edukasi Pada Website Dinas. 4(2), 164–169.
Desa, P., Merah, T., Ab, N., Juliana, A., Apriadi, D., & Junaid, M. T. (2022). Edukasi pendampingan usaha dan pengolahan hasil perikanan desa tana merah. 1(1), 14–18.
Dewi, R. K., Adrian, Q. J., Sulistiani, H., & Isnaini, F. (2021). Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan Pada Pondok Pesantren Mazroatul’Ulum. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 116–121. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 60–76.
Efendy, P., & Suryadinata, Y. A. (n.d.). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Di Restoran D ’ Cost. 613–627.
Ekonomi, F., & Borneo, U. (2022). Pelatihan pengisian spt tahunan wpop di lingkup fakultas ekonomi universitas borneo tarakan. 1(1), 9–13.
Fadly, M., Sidek, O., Said, M. A. M., Djojodihardjo, H., & Ain, A. (2011). Deterministic and recursive approach in attitude determination for InnoSAT. Telkomnika, 9(3), 583–594. https://doi.org/10.12928/telkomnika.v9i3.752
Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id.
Febrina, C. A., Ariany, F., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 15–22. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Geometri Dan, A. (2018). Jurnal Teknik Sipil 1 Jurnal Teknik Sipil. 7(2), 26–37.
Gunawan, D. R., Oktavia, T., & Indra, B. R. (2018). Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Online (Tudi Kasus : SMA N 1 Kota Bumi). Jurnal Mikrotik, 8(1), 45.
Gunawan, R. D. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Aplikasi Magic Book Pengenalan Profesi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.151
Halima, A., Huma, Z., Khan, B., Habib, S. H., & Junaid, M. (2022). Gastric damage due to deltamethrin at maximum level (MRL) and its auto-reversal in adult wistar rats. Journal of Rehman Medical Institute, 8(3), 1–9.
Hokky, L. A., & Innocentius Bernarto. (2021). The Role of Brand Trust and Brand Image on Brand Loyalty on Apple Iphone Smartphone Users in DKI Jakarta. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 474–482.
Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N., & . H. (2019). Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 3(1), 44. https://doi.org/10.30811/vokasi.v3i1.997
Jatika, P. L., Alba, M., & Priandika, A. T. (2023). Media Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran Benda Hidup dan Tidak Hidup. 4, 29–40.
Jatika, P. L., Satria, R., Ahmad, I., & Gunawan, R. D. (2023). Rancang Bangun E-Marketplace Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pelayanan Penjualan. 4, 89–95.
Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709
Junaid, M. T., Malik, A. D., Apriadi, D., & Ab, N. (2023). Membangun Desa Melalui Kuliah Kerja Nyata “ Penyuluhan Pentingnya Pendidikan .” 2(1), 93–96.
Kasmir. (2014). Pengaruh DAR terhadap harga saham. Eprints.Unm.Ac.Id, 2(1), 156. http://eprints.unm.ac.id/11357/1/Artikel_EVHA SULASTRI_1392142013.pdf
Kejaksaan. (2013). Jaksa Agung Republik Indonesia. Kejaksaan.
Lathifah, L., Suaidah, S., Fadly, M., & Gunawan, R. D. (2022). Pelatihan Multimedia Editing Video Pembuatan Konten Di Smk N 1 Natar Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 160. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2026
Lestari, F., Setiawan, R., & Pratiwi, D. (2018). Perhitungan Dimensi Seawall Menggunakan Lazarus. Teknik Sipil Untan, 12(DESEMBER), 175–176. file:///C:/Users/Nur Ali Rahmatullah/Downloads/1435-4550-1-PB.pdf
Luvianti, Robustin, & Taufik.M. (2019). Kontribusi Brand Image, Brand T rust, Dan Customer Satisfaction Dalam Menciptakan Customer Loyalty Pada Produk. 2(July), 618–627.
Mardi, Y., Saputra, A., Murni, S., & Dharmawan, W. S. (2020). Aplikasi Pengelolaan Pendapatan dan Pengeluaran Kas Pada Rafa Laundry Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.31294/justian.v1i2.290
Masyhur, M. A., Fithratullah, M., & Kasih, E. N. E. W. (2023). A Psychoanalysis on Internal Conflict of Bruce Wayne as Seen in Matt Reeves’ The Batman (2022) Movie. Teknosastik, 21(1), 8. https://doi.org/10.33365/ts.v21i1.2285
Maulana, B., Kasih, E. N. E. W., & Suprayogi, S. (2022). Genetic Structuralism Analysis On The Color Out Of Space By H.P. Lovecraft. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(1), 648–656. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i1.2788
Milcha Handayani Tammubua. (2021). Do Brand Image and Brand Trust Mediate the Effect of Service Quality on Brand Loyalty? Lessons from Higher Education Sector. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 3(2), 302–315. https://doi.org/10.33258/biohs.v3i2.452
Mubeen, M., Iqbal, M. W., Junaid, M., Sajjad, M. H., Naqvi, M. R., Khan, B. A., Saeed, M. M., & Tahir, M. U. (2021). Usability evaluation of pandemic health care mobile applications. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 704(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/704/1/012041
Muhammad Arif Julyananda, Yulianti, T., & Pasha, D. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 89–95. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/2416/707
Muslimin, M., & Aprianto, W. (2022). LKPD Examination and Audit Mechanism (Considering The Opinion Of The WWTP Conducted To Assess Regional Accountability And Financial Transparency By The BPK). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 102–106. https://doi.org/10.29210/020221981
Pangestika, T. K., & Khasanah, I. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Experience, Brand Trust dan Brand Satisfaction terhadap Brand Loyalty Financial Technology: E-Wallet (Studi pada Pengguna DANA di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.
Pangestu, A., Assuja, M. A., Assuja, M. A., Susanto, T., & Susanto, T. (2023). Pengembangan Firmware Pada Sub Controller Robot Sepak Bola Humanoid Menggunakan Protokol Dynamixel 2.0. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 3(2), 104–117. https://doi.org/10.33365/jtikom.v3i2.2357
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prasetio, M. O., Setiawan, A., Gunawan, R. D., & Abidin, Z. (2020). Sistem Pengendali Air Tower Rumah Tangga Berbasis Android. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i2.45
Prasetyawan, P., Ferdianto, Y., Ahdan, S., & Trisnawati, F. (2018). Pengendali Lengan Robot Dengan Mikrokontroler Arduino Berbasis Smartphone. Jurnal Teknik Elektro ITP, 7(2), 104–109. https://doi.org/10.21063/jte.2018.3133715
Priandika, A. T., Gunawan, R. D., Ardiansah, T., & Fahrizal, M. (2022). ( SPEEDER ) FOR OPTIMIZATION OF TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMK PALAPA. 3(2), 175–180.
Priandika, A. T., Permata, P., Gunawan, R. D., Ardiansah, T., Fahrizal, M., Maylani, A., & Anggraini, A. (2022). Video Editing Training to Improve the Quality of Teaching and Learning at SMK Palapa Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 26–30. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.134
Prillia Dwi Citra Prestiwi , Dwi Tirta Kencana, M. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Aktivitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. 44(12), 2–8.
Purnama, R. (2021). Perancangan Aplikasi Game Petualangan Si Unyil Berbasis Android Menggunakan Metode Finite State Mechine. Jurnal Dunia Ilmu, 1(1), 1–13. http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/10%0Ahttps://duniailmu.org/index.php/repo/article/download/10/7
Putra, A. D., Rahmanto, Y., Najib, M., Satria, D., & Suwisma, I. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. 4(1), 129–134.
Putri, N. U., Oktarin, P., & Setiawan, R. (2020). Pengembangan Alat Ukur Batas Kapasitas Tas Sekolah Anak Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.33365/jimel.v1i1.189
Putri, R. P., Dewi, R., Sari, P., & Ayu, P. R. (2019). Perbandingan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Kontrasepsi Intra Uterine Devices ( IUD ) dan Kontrasepsi Implant pada Wanita Usia Subur di Kecamatan Sukarame Kota Bandarlampung. Majority, 8(2), 120–124. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/2458/2409#:~:text=Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi,dukungan suami%2C dan pelayanan KB.
Putri, R. P., & Oktaria, D. (2016). Efektivitas Intra Uterine Devices (IUD) Sebagai Alat Kontrasepsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 5(4), 138.
Rachman Ally, R., & Ngestirosa Endang Woro Kasih, E. (2021). Class Struggle in Detroit (2017) Film. Linguistics and Literature Journal, 2(2), 108–114. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/linguistics_and_literature/index
Rahayu, S. (2021). Pengarauh Harga, Kepercayaan dan kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pengguna E-commerce Tokopedia (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Informatika ankatan 2020 Universitas mahakarya Asia PSDKU Baturaja). Vol. 20.
RahmanCyber. (2021). Modul Aplikasi Editing Video VN (VlogNow) #2 : Shooting, Layout Editing sampai Rendering beserta Contoh Langkah Praktek (Complete). RahmanCyber. https://www.rahmancyber.net/2021/08/modul-aplikasi-editing-video-vn-vlognow-2-complete_0893967892.html
Ramayasa, I. P., Rupika Jimbara, I. W., Kayun Suwastika, I. W., & Angga Candrawibawa, I. G. (2020). Pelatihan Pemasaran Online pada Mitra Lengis Nyuh di Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 50–60. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.197
Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, & Aaltje S. Pangemanan. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 50–58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746
Rhoedy Setiawan, Djoko Utomo, B. G. (2018). PKM UKM Tas Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unismus, 1, 540.
Rodiques, Y., & Rahanatha, G. B. (2018). Peran Brand Trust Memediasi Hubungan Brand Image Dengan Brand Loyalty ( Studi Pada Konsumen Iphone di Kota Denpasar ). 7(3), 1310–1338.
Safitri, V. A., Sari, L., & Gamayuni, R. R. (2019). Research and Development, Environmental Investments, to Eco-Efficiency, and Firm Value. The Indonesian Journal of Accounting Research, 22(03), 377–396. https://doi.org/10.33312/ijar.446
Salsabila, S., Lina, L. F., & Novita, D. (2022). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Terhadap Keputusan Perawatan Pada Klinik Kecantikan Di Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 5(1), 2655–3457.
Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559
Saputra, R. A., Parjito, P., & Wantoro, A. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.433
Sari, D. R., Saniati, & Parjito. (2021). E-tourism kebudayaan dan pariwisata kabupaten pesisir barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 62–67.
Sari, K., & Pranoto, B. E. (2021). Representation of Government Concerning the Draft of Criminal Code in The Jakarta Post: A Critical Discourse Analysis. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 11(2), 98–113. https://doi.org/10.14710/parole.v11i2.98-113
Sassa, K., Konagai, K., Tiwari, B., & Sassa, S. (2022). Progress in Landslide Research and Technology , (Vol. 1, Issue 1).
Satria, M., & Handoyo, S. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Layanan Pinjaman Online Dalam Aplikasi Kreditpedia. Jurnal de Facto, 8(2), 108–121. https://jurnal.pascasarjana.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnaldefacto/article/view/113
Satria, M. N. D. (2022). Sistem Informasi Pemeringkatan Prestasi Siswa Berbasis Web Pada Smk Pelita Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 114. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1908
Sentosa, R., Satria, M. N. D., & Ahmad, I. (2022). Rekayasa Aplikasi Penjadwalan Dan Pelaporan Kunjungan Harian Technical Support Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem …, 3(3), 14–19. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1919%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/1919/683
Serumpun, M., Ahmad, I., & Assuja, M. A. (2022). SISTEM E-BOOKING PELAYANAN JASA SALON MENGGUNAKAN METODE MULTILEVEL FEDDBACK QUEUE ( STUDY KASUS : SALON GRIYA ). 3(1), 21–25.
Setiani, H., & Gunawan, R. D. (2019). Design Of Information System For Registration Of Web-Based Electronic Signing Card (E-KTP) (Case Study: Kecamatan Gadingrejo). Jurnal Kelitbangan, 7(3), 287–300.
Setiawan, R., Lestari, F., & Pratiwi, D. (2017). Pengaruh Sulfat pada Kekuatan Beton yang Menggunakan Limbah Batu Bara sebagai Bahan Pengganti Semen. Jurnal Teknik Sipil, 8(2).
Setiawan, R. R., & Nurkamid, M. (2018). Teknologi Web Semantik Untuk Bibliografi Perpustakaan Universitas Muria Kudus. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, Vol 2, No(Semantik), 17–23.
Sinaga, I., Susana, A., Purwati, M., Ari, V., Akadiati, P., & Ariany, F. (2022). Pemberdayaan UMKM Pusat Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Pusparekraf ) Bandar Lampung dalam pengisian SPT Tahunan. 1(2).
Solihati, N., Rasad, S. D., Setiawan, R., & Alvionita, C. (2016). Quality and Viability of Javanese Local Ram Semen at Different Age. 265–270. https://doi.org/10.14334/proc.intsem.lpvt-2016-p.265-270
Song, H. J., Wang, J. H., & Han, H. (2019). Effect of image, satisfaction, trust, love, and respect on loyalty formation for name-brand coffee shops. International Journal of Hospitality Management, 79(June 2018), 50–59. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.12.011
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial : Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2), 10–16. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v1i2.816
Suaidah, S., Lathifah, Fadly, M., Gunawan, R. D., & Fahrizal, M. (2022). Pelatihan Komputer Akuntansi Bagi Guru dan Siswa SMK N 1 Natar Menggunakan Aplikasi Accurate. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.36706/beceris.v1i1.1
Sundari, S., Nurhidayat, S. C. E., Rudiyanto, B., & Kusuma, A. A. (2022). Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian. Pengabdian, 6(2), 339–347.
Susilowati, L. (2010). Membangun Brand Loyalty Melalui Brand Trust Dan Customer Satisfaction. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 53–61.
Suwastika, I. W. (2017). Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STIKOM BALI. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 23(2), 75–88.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1–5. https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185
Taksu Wijaya, I. G. N., Hansun, S., & Bonar Kristanda, M. (2019). DISDAIN: An Auto Content Generation VR Game. Indian Journal of Science and Technology, 12(7), 1–7. https://doi.org/10.17485/ijst/2019/v12i7/141370
Trisnawati, F. (2020). SEMMUDIK : Selamat Mudik Menggunakan Helm Berbasis Internet of Things (IoT. Journal ICTEE, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.33365/jictee.v1i1.696
Vinahapsari, C. A. (2019). Perbandingan Tingkat Stress Kerja Antara Karyawan Tetap Dan Karyawan Outsourcing Bank Bri Wilayah Yogyakarta. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 2(1), 1. https://doi.org/10.33365/tb.v2i1.271
Wardaningsih, A. D., & Kasih, E. N. E. W. (2022). Counter Discourse of Maculinity in Avenger: End Game Movie. Journal of Arts and Education, 2(2). https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.105
Widyarsono, T. (2017). ARSIP SEBAGAI PENDUKUNG PEMAJUAN KEBUDAYAAN DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN LITERASI BANGSA. Jurnal Kearsipan.
Wijaya, & Suwastika. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 558–562.
Wulandari, S., Jupriyadi, J., & Fadly, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Penggalangan Infaq Beras (Studi Kasus: Gerakan Infaq). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 2(1), 11–16.
Yani, L. (2015). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja aparatur Sipil Negara Di Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Simeulue. Tugas Akhir Program Magister, 10, 36–42.
Yohanes Nuhadriel, Meilia Japiana, K. K. (2021). Brand Image Dalam Meningkatkan Brand Loyalty Pada Ritel Furnitur : Brand Trust Sebagai Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 264–277.