Analisis Sentimen pada Ulasan Hotel untuk Mengidentifikasi Aspek Positif dan Negatif dalam Pengalaman Pengguna

Penulis

  • Natalia Hassanah Teknologi Informasi

Kata Kunci:

Analisis sentimen, Ulasan hotel, Aspek positif dan negative, Pengalaman pengguna

Abstrak

Analisis sentimen pada ulasan hotel telah menjadi topik penelitian yang signifikan dalam bidang pemrosesan bahasa alami dan ilmu komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek positif dan negatif dalam pengalaman pengguna berdasarkan ulasan yang diberikan terkait dengan hotel. Metode analisis sentimen yang digunakan melibatkan pemrosesan teks dan teknik pembelajaran mesin untuk mengklasifikasikan ulasan sebagai positif, negatif, atau netral. Dalam penelitian ini, data ulasan hotel yang diperoleh dari berbagai platform ulasan online digunakan sebagai sumber informasi. Langkah pertama adalah melakukan pra-pemrosesan pada data, termasuk pembersihan teks, penghapusan tanda baca, normalisasi kata, dan penghapusan kata-kata yang tidak relevan. Selanjutnya, fitur-fitur penting diekstraksi dari teks ulasan, seperti kata-kata kunci, frasa, atau sentimen yang menonjol. Pada tahap berikutnya, model pembelajaran mesin, seperti Naive Bayes, Support Vector Machines (SVM), atau Algoritma Random Forest, dilatih menggunakan data pelatihan yang telah diklasifikasikan sebelumnya oleh manusia sebagai positif atau negatif. Model ini kemudian digunakan untuk menganalisis sentimen pada ulasan yang belum diklasifikasikan, dan mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif dalam pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sentimen pada ulasan hotel efektif dalam mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif dalam pengalaman pengguna. Aspek-aspek yang umumnya diidentifikasi meliputi layanan pelanggan, kenyamanan fasilitas, kebersihan, lokasi, makanan dan minuman, serta harga. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga bagi manajemen hotel untuk memahami area-area yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan.

Referensi

Abidin, Z. (2021). Pelatihan Dasar-Dasar Algoritma Dan Pemograman Untuk Membangkitkan Minat Siswa-Siswi Smk Pada Dunia Pemograman. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 54. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1326

Afrianto, A., & Gulö, I. (2019). Revisiting English competence at hotel. Teknosastik, 17(1), 35–39.

Aguss, R. M., & Yuliandra, R. (2021). The effect of hypnotherapy and mental toughness on concentration when competing for futsal athletes. Medikora, 20(1), 53–64. https://doi.org/10.21831/medikora.v20i1.36050

Agustina, L., Fayardi, A. O., & Irwansyah, I. (2018). Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 141–154. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1320

Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., & ... (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS …, 5(2), 390–401. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/15591

Alita, D. (2021). Multiclass SVM Algorithm for Sarcasm Text in Twitter. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 118–128. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.646

Alita, D., Fernando, Y., & Sulistiani, H. (2020). Implementasi Algoritma Multiclass SVM pada Opini Publik Berbahasa Indonesia di Twitter. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 86–91.

Alita, D., & Isnain, A. R. (2020). Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier. Jurnal Komputasi, 8(2), 50–58.

Alita, D., Priyanta, S., & Rokhman, N. (2019). Analysis of Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language on Twitter. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(2), 100–109.

Alita, D., Sari, I., Isnain, A. R., & Styawati, S. (2021). Penerapan Naïve Bayes Classifier Untuk Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 17–23.

Ameraldo, F., & Ghazali, N. A. M. (2021). Factors Influencing the Extent and Quality of Corporate Social Responsibility Disclosure in Indonesian Shari’ah Compliant Companies. International Journal of Business and Society, 22(2), 960–984.

Andi, K., & Obligasi, P. (2004). J URNAL A KUNTANSI DAN keuangan vol 9 no 2. 9(2).

Assuja, M. A., & Saniati, S. (2016). Analisis Sentimen Tweet Menggunakan Backpropagation Neural Network. Jurnal Teknoinfo, 10(2), 48–53.

Az zuhri, F. M., & Permanasari, K. I. P. (2019). Analisis Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Fis Universitas Negeri Malang. Ekonomi Bisnis, 24(2), 93. https://doi.org/10.17977/um042v24i2p93-103

Banasik, M. (2015). Plastics. Hamilton and Hardy’s Industrial Toxicology: Sixth Edition, 3(2), 759–784. https://doi.org/10.1002/9781118834015.ch75

Borman, R. I. (n.d.). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN.

Darwis, D., Paramita, C. D., Yasin, I., & Sulistiani, H. (2022). Pengembangan Sistem Pengendalian Arus Kas Menggunakan Metode Direct Cash Flow (Studi Kasus : Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Daerah Provinsi Lampung). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.33365/jimasia.v2i1.1874

Darwis, D., Siskawati, N., & Abidin, Z. (2021). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 131–145.

Defia Riski Anggarini, B. P. (2020). Impluse Buying Ditentukan Oleh Promosi Buy 1 Get 1 Pada Pelanggan Kedai Kopi Ketje Bandar. 06(02), 27–37.

Deliyana, R., Permatasari, B., & Sukmasari, D. (2021a). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking BCA. Journal of Economic and Business Research, 2(2), 1–16. http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3581%0Ahttp://repository.teknokrat.ac.id/3581/3/b217411267.pdf

Deliyana, R., Permatasari, B., & Sukmasari, D. (2021b). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking BCA. Journal of Economic and Business Research, 2(2), 1–16.

Dewantoro, F. (2021). Kajian Pencahayaan dan Penghawaan Alami Desain Hotel Resort Kota Batu Pada Iklim Tropis. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 2(01), 1–7.

Fadly, M., & Wantoro, A. (2019). c. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 46–55.

Fakhrurozi, J., Adrian, Q. J., Mulyanto, A., Informasi, S. S., Teknokrat, U., & Online, M. (2022). Pelatihan Penulisan Jurnalistik dan Naskah Video Bagi Siswa SMK Widya Yahya Gading Rejo. 2(5), 503–509.

Fariyanto, F., Ulum, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Fauzi, F., Antoni, D., & Suwarni, E. (2020). WOMEN ENTREPRENEURSHIP IN THE DEVELOPING COUNTRY: THE EFFECTS OF FINANCIAL AND DIGITAL LITERACY ON SMES’ GROWTH. Journal of Governance and Regulation, 9(4), 106–115. https://doi.org/10.22495/JGRV9I4ART9

Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967

Febrian, A., & Fadly, M. (2021). The Impact of Customer Satisfaction with EWOM and Brand Equity on E-Commerce Purchase IntentioFebrian, A., & Fadly, M. (2021). The Impact of Customer Satisfaction with EWOM and Brand Equity on E-Commerce Purchase Intention in Indonesia Moderated by Cultur. Binus Business Review, 12(1), 41–51. https://doi.org/10.21512/bbr.v12i1.6419

Fitra Arie Budiawan. (2019). Desain Interaksi Aplikasi Platform Traveller Menggunakan Pendekatan Design Thinking.

Garrett, J. J. (2003). The elements of user experience: user-centered design for the Web. In Interactions - Studies in Communication and Culture (Vol. 10, Issue 5). https://doi.org/10.1145/889692.889709

Gotama, J. D., Fernando, Y., & Pasha, D. (2021). Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented RealiGotama JD, Fernando Y, Pasha D. 2021. Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. J Inform Dan Rekayasa Perangkat Lunak. 2(1):28–38.ty. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 28–38.

Gusniar, A. (2022). Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kecantikan di Youtube (Studi pada Mahasiswi di Tiga Universitas Yogyakarta). EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 3(2), 187–210. https://doi.org/10.24071/exero.v3i2.4297

Hana, P., Rusliyawati, R., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.328

Hasri, C. F., & Alita, D. (2022). Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine Pada Analisis Sentimen Terhadap Dampak Virus Corona Di Twitter. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 145–160. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Hendrastuty, N., Rahman Isnain, A., Yanti Rahmadhani, A., Styawati, S., Hendrastuty, N., Isnain, A. R., Rahman Isnain, A., Yanti Rahmadhani, A., Styawati, S., Hendrastuty, N., & Isnain, A. R. (2021). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Program Kartu Prakerja Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(3), 150–155. http://situs.com

Heni Sulistiani, Y. T. U. (2018). Penerapan Algoritma Klasifikasi Sebagai Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Mahasiswa. Snti.

Herison, A., Romdania, Y., Akbar, D., & Pramanda, D. (2019). PERAN AESTHETIC EXPERENTIAL QUALITIES DAN PERCEIVED VALUE UNTUK KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG WISATA BAHARI DI PROVINSI LAMPUNG. Pariwisata Pesona, 04(1), 1–10.

Indonesia, U. T. (2022). BASIC ENGLISH FOR TOURISM BAGI SISWA / I SMK PGRI I LIMAU TANGGAMUS LAMPUNG. 3(1), 144–150.

Irawan, A., Rohaniah, R., Sulistiani, H., & Priandika, A. T. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode AHP. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 30–35.

Iriani, S. S. (2011). Strategi Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Keuangan Dan Perbankan, 15(2), 261–270.

Comparison of Support Vector Machine and Naïve Bayes on Twitter Data Sentiment Analysis, (2021).

Isnain, A. R., Marga, N. S., & Alita, D. (n.d.). Sentiment Analysis Of Government Policy On Corona Case Using Naive Bayes Algorithm. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(1), 55–64.

Isnain, A. R., Sakti, A. I., Alita, D., & Marga, N. S. (2021). SENTIMEN ANALISIS PUBLIK TERHADAP KEBIJAKAN LOCKDOWN PEMERINTAH JAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 31–37.

Isnain, A. R., Supriyanto, J., & Kharisma, M. P. (n.d.). Implementation of K-Nearest Neighbor (K-NN) Algorithm For Public Sentiment Analysis of Online Learning. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(2), 121–130.

Isnian, A. R., & Suaidah, Y. T. U. (2016). Sistem Pendukung Keputusan PeneriIsnian, A. R., & Suaidah, Y. T. U. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Asisten Dosen Pada Perguruan Tinggi Teknokrat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jupiter, 2(1).maan Asisten Dosen Pada Pe. Jupiter, 2(1).

Kamisa, N., Devita, A., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung) Nur’. 2(1), 21–29. http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB

Kurniawan, A. H. (2020). Konsep Altmetrics Dalam Mengukur Faktor Dampak Artikel Melalui Academic Social Media Dan Non-Academic Social Media. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1), 43–49. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art5

Kusnadi, N. S., Oktavia, R., Sukmasari, D., & Yuliansyah, Y. (2021). Pengaruh Partisipasi Penganggaran terhadap Kesenjangan Anggaran dengan Komunikasi sebagai Variabel Moderasi: Studi Perusahaan di Batam. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(1), 31–49. https://doi.org/10.35912/jakman.v3i1.647

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung ). 4(2), 62–69.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979

Mayasari, I., Haryanto, H. C., Wiadi, I., Wijanarko, A. A., & Abdillah, W. (2022). Counterfeit Purchase Intention of Fashion Brands: The Personal Values and Social Aspect of Consumers as Determinants. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(1). https://doi.org/10.22146/gamaijb.54660

Meutia, K. I., Husada, C., Dan, O., Organisasi, K., Kinerja, T., & Jurnal, K. (2019). pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jurnal Riset Manajmen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 119–126.

Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628

nofianti, novita. (2020). Peran Trustworthiness , Attractiveness , Expertise Pada Minat Beli. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1177.

Nurkholis, A., & Sitanggang, I. S. (2020). Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 8(3), 192–200.

Nuryani, I., & Darwis, D. (2021). Analisis Clustering Pada Pengguna Brand Hp Menggunakan Metode K-Means. Proceeding Seminar Nasional Ilmu Komputer, 1(1), 190–211.

Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 130–144. https://doi.org/10.23960/jbm.v16i2.87

Oktavia, W. R., & Suprayogi, S. (2021). GRAMMATICAL COHESION IN BORIS JOHNSON’S SPEECH ENTITLED CORONAVIRUS SPREAD IN UK. Linguistics and Literature Journal, 2(1), 8–16.

Paramesti, A., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi. Kiwari, 1(1), 62. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15508

Patmawati, D. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi (Pass:08FPsi2020). 59, 96–144.

Penggunaan, D. A. N. S. (2021). ANALISIS PERILAKU PENGGUNA APLIKASI SITS ANALYSIS OF USER BEHAVIOR OF SITS APPLICATIONS USING. November, 321–329.

Permatasari, B. (2019). Penerapan Teknologi Tabungan Untuk Siswa Di Sd Ar Raudah Bandar Lampung. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 2(2), 76. https://doi.org/10.33365/tb.v3i2.446

Permatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel Intervening Pada WaruPermatasari, B., Permatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). KepuaPermatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel In. Jurnal Manajerial, 19(2), 99–111.

Pintoko, B. M., & L., K. M. (2018). Analisis Sentimen Jasa Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. E-Proceeding of Engineering, 5(3), 8121–8130.

Pramono, S., Ahmad, I., & Borman, R. I. (2020). Analisis Potensi Dan Strategi Penembaan Ekowisata Daerah Penyanga Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 57–67. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Pratama, E. N., Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2021). Terhadap Turnover Intention Dengan Person. 1(1), 18–28.

Pratama, E. N., Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2022). The Effect Of Job Satisfaction And Organizational Commitment On Turnover Intention With Person Organization Fit As Moderator Variable. Atm, 6(1), 74–82.

Purwaningsih, N., & Gulö, I. (2021). REPRESENTATION OF REYNHARD SINAGA IN BBC NEWS AND THE JAKARTA POST. Linguistics and Literature Journal, 2(1), 50–61.

Purwanto, E., Deviny, J., & Mutahar, A. M. (2020). The Mediating Role of Trust in the Relationship between Corporate Image, Security, Word of Mouth and Loyalty in M-Banking Using among the Millennial Generation in Indonesia. Management and Marketing, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.2478/mmcks-2020-0016

Putra, M. W., Darwis, D., & Priandika, A. T. (2021). Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan (Studi Kasus: CV Sumber Makmur Abadi Lampung Tengah). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 48–59.

Putri, N. U., Oktarin, P., & Setiawan, R. (2020). Pengembangan Alat Ukur Batas Kapasitas Tas Sekolah Anak Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.33365/jimel.v1i1.189

Putri, R. W., Putri, Y. M., Muhammad, M., & Tristyanto, T. (2022). The Legal Protection Towards Traditional Clothes: Intellectual Property Regimes in ASEAN. Substantive Justice International Journal of Law, 5(1), 49. https://doi.org/10.56087/substantivejustice.v5i1.165

Rahman Isnain, A., Indra Sakti, A., Alita, D., Satya Marga, N., Isnain, A. R., Sakti, A. I., Alita, D., Marga, N. S., Rahman Isnain, A., Indra Sakti, A., Alita, D., & Satya Marga, N. (2021). Sentimen Analisis Publik Terhadap Kebijakan Lockdown Pemerintah Jakarta Menggunakan Algoritma Svm. Jdmsi, 2(1), 31–37. https://t.co/NfhnfMjtXw

Ranti, K. S., Salim, K., Yuliyono, A. D., & Girsang, A. S. (2019). Clustering behavioral data for advertising purposes using K-prototypes algorithm. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(1). https://doi.org/10.35940/ijitee.A5229.119119

Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026

Ribhan, R., & Yusuf, N. (2016). Pengaruh Moral Kognitif Pada Kinerja Keperilakuan Dan Kinerja Hasil Tenaga Penjualan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 6(1), 67–78. https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2660

Riski Anggraini, D. (2021). Dampak Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 07(02), 116–122. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/download/3089/1373

Riskiono, S. D., Pasha, D., & Trianto, M. (2018). Analisis Kinerja Metode Routing OSPF dan RIP Pada Model Arsitektur Jaringan di SMKN XYZ. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 1.

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020a). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 27. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.671

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020b). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 27–32.

Roza, E. K., Novita, D., & Fernando, Y. (2021). PENGARUH SERVICE QUALITY PEMPEK PERMATA BANDAR LAMPUNG. x(x), 1–9.

Rulyana, D., & Borman, R. I. (2014). Aplikasi Simulasi Tes Potensi Akademik Berbasis Mobile Platform Android. Seminar Nasional FMIPA-Universitas Terbuka. DKI Jakarta.

Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (IPSS) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (BPH). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37.

Sari, F. M. (2020). UNDERGRADUATE STUDENTS’VIEWS ON THE USE OF ONLINE LEARNING PLATFORM. THE SECOND INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENGLISH EDUCATION.

Sari, F. M., & Oktaviani, L. (2021). Undergraduate Students’ Views on the Use of Online Learning Platform during COVID-19 Pandemic. TEKNOSASTIK, 19(1), 41. https://doi.org/10.33365/ts.v19i1.896

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Setri, T. I., & Setiawan, D. B. (2020). Matriarchal Society in The Secret Life of Bees by Sue Monk Kidd. Linguistics and Literature Journal, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33365/llj.v1i1.223

Shodik, N., Neneng, N., & Ahmad, I. (2019). Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(3), 219–228.

Sinaga, R. R. F., & Oktaviani, L. (2020). The Implementation of Fun Fishing to Teach Speaking for Elementary School Students. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 1–6.

Sondyarini, S., & Idris. (2021). Pengaruh Source Expertise Source Trustworthiness dan Repurchase Intention EWOM Credibility sebagai Variebal Intervening (Studi pada Konsumen Produk KOsmetik MUstika Ratu Dengan Puteri Indonesia Sebagai Brand Ambassador). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1–12.

Sri Indriani, E., Qurthobi, A., Darmawan, D., & Fisika, T. (2020). Perancangan Kontrol Suhu Larutan Nutrisi Pada Sistem Hidroponik Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy; Studi Kasus Selada Keriting (Lactuca Sativa L.) Design of Nutrition Temperature Control on Hydroponics System Using Fuzzy Logic Control; Case Study Curly Lat. 7(1), 1274–1280.

Styawati, Andi Nurkholis, Zaenal Abidin, & Heni Sulistiani. (2021). Optimasi Parameter Support Vector Machine Berbasis Algoritma Firefly Pada Data Opini Film. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(5), 904–910. https://doi.org/10.29207/resti.v5i5.3380

Sugiono, E., & Lumban Tobing, G. I. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 389–400. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.413

Sulistiani, H. (2021). Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(4), 29–36. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1291

Susanto, E. R. (n.d.). Sistem Penunjang Keputusan Cerdas Spasial Pengendalian Avian Influenza H5n1 Pada Unggas Peternakan Rakyat Non Komersial: Studi Kasus Provinsi Lampung. Bogor Agricultral University (IPB).

Syah, H., & Witanti, A. (2022). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Vaksinasi Covid-19 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (Svm). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 5(1), 59–67. https://doi.org/10.47080/simika.v5i1.1411

Teknologi, J., Jtsi, I., Amelia, D. S., Aldino, A. A., Informasi, S., Teknik, F., & Indonesia, U. T. (2021). TEKS DAN ANALISIS SENTIMEN PADA CHAT GRUP WHATSAPP MENGGUNAKAN LONG SHORT TERM MEMORY ( LSTM ). 2(4), 56–61.

Teknologi, J., Jtsi, I., Wahyuni, D. S., Megawaty, D. A., Informasi, S., Teknik, F., Universitas, K., Indonesia, T., Teknik, F., Universitas, K., & Indonesia, T. (2021). Web Untuk Pemilihan Perumahan Siap Huni Menggunakan Metode Ahp ( Studi Kasus : Pt Aliquet and Bes ). 2(4), 22–28.

Vinahapsari, C. A., & Rosita. (2020). Pelatihan manajemen waktu pada stres akademik pekerja penuh waktu. Jurnal Bisnis Darmajaya, 06(01), 20–28.

Wahyuni, A., Utami, A. R., & Education, E. (2021). the Use of Youtube Video in Encouraging Speaking Skill. Pustakailmu.Id, 7(3), 1–9. http://pustakailmu.id/index.php/pustakailmu/article/view/62

Wahyuni, D. sartika. (2020). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tamiang. Tijarah, 2(20), 46–53.

Wantoro, A., & Susanto, E. R. (2022). PENERAPAN LOGIKA FUZZY DAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PAKAR MEDIS UNTUK DIAGNOSIS COVID-19 DAN PENYAKIT LAIN IMPLEMENTATION OF FUZZY LOGIC AND PROFILE MATCHING METHOD IN MEDICAL EXPERT SISTEMS FOR DIAGNOSIS OF COVID-19. 9(5), 1075–1083. https://doi.org/10.25126/jtiik.202295406

Wibowo, D. O., & Priandika, A. T. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GEDUNG PERNIKAHAN PADA WILAYAH BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE TOPSIS. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 73–84.

Wijayanto, D., Adhinata, F. D., & Jayadi, A. (2021). Rancang Bangung Private Server Menggunakan Platform Proxmox dengan Studi Kasus: PT. MKNT. Journal ICTEE, 2(2), 41–49.

Yudhistiraa, A., Aldino, A. A., & Darwis, D. (2022). Analisis Klasterisasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy C-Means ( Studi Kasus : Pengadilan Tinggi Agama bandar lampung ). 9(1), 77–82.

Zulkarnais, A., Prasetyawan, P., & Sucipto, A. (2018). Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 96–102.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-06